Kamis, 16 Agustus 2012

Dalam ISLAM tidak mengenal DOSA WARIS (seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain,)


Hadist Shahih Bukhari No. 1466 Jilid III

Dari Abu Hurairah ra., dari Nabi saw beliau bersabda: “Kalau tidak karena Bani Israil, niscaya daging tidak akan rusak (busuk). Dan kalau tidak karena ibu Hawa, niscaya tiada ada orang perempuan yang khianat kepada suaminya.”

Dalam Al Qur’an tidak dijelaskan mengenai warisan dosa, segala dosa akan dipikul/dibebankan oleh pembuat dosa tersebut bukan orang lain yang tidak melakukannya apalagi sampai diturunkan atas dosa yang telah diperbuat seseorang 
QS An Najm 53:38

Artinya: (yaitu) bahwasanya seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain,

QS Al An’am 6: 52

Artinya: Dan janganlah kamu mengusir orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan petang hari, sedang mereka menghendaki keridhaanNya. kamu tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatan mereka dan merekapun tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatanmu, yang menyebabkan kamu (berhak) mengusir mereka, (sehingga kamu Termasuk orang-orang yang zalim).

QS Al An’aan 6: 164

164. Katakanlah: "Apakah aku akan mencari Tuhan selain Allah, Padahal Dia adalah Tuhan bagi segala sesuatu. dan tidaklah seorang membuat dosa melainkan kemudharatannya kembali kepada dirinya sendiri; dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain[ ]. kemudian kepada Tuhanmulah kamu kembali, dan akan diberitakan-Nya kepadamu apa yang kamu perselisihkan."

QS Al Israa’ 17: 15

Artinya: Barangsiapa yang berbuat sesuai dengan hidayah (Allah), Maka Sesungguhnya Dia berbuat itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan Barangsiapa yang sesat Maka Sesungguhnya Dia tersesat bagi (kerugian) dirinya sendiri. dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan Kami tidak akan meng'azab sebelum Kami mengutus seorang rasul.

QS Fathiir 35: 18

Artinya: Dan orang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain[ ]. dan jika seseorang yang berat dosanya memanggil (orang lain) untuk memikul dosanya itu Tiadalah akan dipikulkan untuknya sedikitpun meskipun (yang dipanggilnya itu) kaum kerabatnya. Sesungguhnya yang dapat kamu beri peringatan hanya orang-orang yang takut kepada azab Tuhannya (sekalipun) mereka tidak melihatNya dan mereka mendirikan sembahyang. dan Barangsiapa yang mensucikan dirinya, Sesungguhnya ia mensucikan diri untuk kebaikan dirinya sendiri. dan kepada Allahlah kembali(mu).

QS Az Zumar 39: 7

Artinya: Jika kamu kafir Maka Sesungguhnya Allah tidak memerlukan (iman)mu dan Dia tidak meridhai kekafiran bagi hamba-Nya; dan jika kamu bersyukur, niscaya Dia meridhai bagimu kesyukuranmu itu; dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. kemudian kepada Tuhanmulah kembalimu lalu Dia memberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. Sesungguhnya Dia Maha mengetahui apa yang tersimpan dalam (dada)mu.

QS An Najm 53: 38

Artinya: (yaitu) bahwasanya seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain,

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More