عقيدة العوام
۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞
‘Aqidatul ‘Awam, Karangan Al-Allamah As-Sayyid Ahmad Al-Marzuqi Al-Maliki
۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞۞
أبدأ باسم الله والرحمن وبالرحيم دآئم الإحسان
Abda-u Bismillâhi warrohmâni wa birrohîmi dã-imil ihsâni
Saya memulai dengan nama Alloh, Dzat yang Maha Pengasih, dan Maha Penyayang yang senatiasa memberikan kenikmatan tiada putusnya
فالحمد لله القديم الأول الأخر الباقی بلا تحول
Falhamdulillâhil qodîmil awali al-âkhiril bâqî bilâ tahawwuli
Maka segala puji bagi Alloh Yang Maha Dahulu, Yang Maha Awal, Yang Maha Akhir, Yang Maha Tetap tanpa ada perubahan
ثم الصلاة والسلام سرمدا علی النبي خير من قد وحدا
Tsummash-sholâtu wassalâmu sarmadâ ‘alân-nabiyyi khoiri man qod wahhadâ
Kemudian, semoga sholawat dan salam senantiasa tercurahkan pada Nabi sebaik-baiknya orang yang meng Esakan Alloh
وأله وصحبه ومن تبع سبيل دين الحق غير مبتدع
Wa âlihî wa shohbihî wa man tabi’ sabîla dînil haqqi ghoiro mubtadi’
Dan keluarganya, para sahabatnya dan orang-orang yang mengikuti jalan agama secara benar bukan orang-orang yang berbuat bid’ah
وبعد فاعلم بوجوب المعرفه من واجب لله عشرين صفه
Wa ba’du fa’lam biwujûbil ma’rifah min wâjibin lillâhi ‘isyrîna shifah
Dan setelahnya ketahuilah dengan yakin bahwa Alloh itu mempunyai 20 sifat wajib
فالله موجود قديم باقي مخالف للخلق بالإطلاق
Fallâhu maujûdun qodîmun bâqî mukhôlifun lilkholqi bil ithlâqi
Alloh itu Ada, Qodim, Baqi dan berbeda dengan makhluk Nya secara mutlak
و قآئم غني وواحد وحي قادر مريد عالم بکل شي
Wa qõ-imun ghonî wa wâhidun wa hay qôdir murîdun ‘âlimun bikulli syai
Berdiri sendiri, Maha Kaya, Maha Esa, Maha Hidup, Maha Kuasa, Maha Menghendaki, Maha Mengetahui atas segala sesuatu
سميع البصير والمتگلم له صفات سبعة تنتظم
Samî’u al-bashîru wal mutakallimu lahû shifâtun sab’atun tantadhimu
Maha Mendengar, Maha Melihat, Maha Berbicara, Alloh mempunyai 7 sifat yang tersusun
فقدرة إرادة سمع بصر حياة العلم گلام استمر
Faqudrotun irôdatun sam’un bashor hayâtu al-’ilmu kalâmuni-stamar
yaitu Berkuasa, Menghendaki, Mendengar, Melihat, Hidup, Mempunyai Ilmu, Berbicara secara terus berlangsung
و جآئز بفضله وعدله ترك لکل ممکن گفعله
Wa jâ-izun bifadl-lihî wa ‘ad-lihî tarkun likulli mumkinin kafi’lihî
Dengan karunia dan keadilan Nya, Alloh memiliki sifat boleh (wenang) yaitu boleh mengerjakan sesuatu atau meninggalkannya
أرسل أنبيا ذوي فطانه بالصدق والتبليغ والأمانه
Arsala anbiyâ dzawî fathônah bishshidqi wattablîghi wal amânah
Alloh telah mengutus para nabi yang memiliki 4 sifat yang wajib yaitu cerdas, jujur, menyampaikan (risalah) dan dipercaya
و جآئز فی حقهم من عرض بغير نقص گخفيف المرض
Wa jâ-izun fî haqqihim min ‘arodli bighoiri naqshin kakhofîfil marodli
Dan boleh didalam hak Rosul dari sifat manusia tanpa mengurangi derajatnya, misalnya sakit yang ringan
عصمتهم گسآئر الملائگه واجبة وفاضلو الملائگه
‘Ishmatuhum kasã-iril malâ-ikah wâjibatun wa fâdlolûl malâ-ikah
Mereka mendapat penjagaan Alloh (dari perbuatan dosa) seperti para malaikat seluruhnya. (Penjagaan itu) wajib bahkan para Nabi lebih utama dari para malaikat
والمستحيل ضد کل واجب فاحفظ لخمسين بحکم واجب
Wal mustahîlu dliddu kulli wâjibin fahfadh likhomsîna bi hukmin wâjibin
Dan sifat mustahil adalah lawan dari sifat yang wajib maka hafalkanlah 50 sifat itu sebagai ketentuan yang wajib
تفصيل خمسة وعشرين لزم کل مکلف فحقق واغتنم
Tafshîlu khomsatin wa ‘isyrîna lazim kulla mukallafin fahaqqiq waghtanim
Adapun rincian nama para Rosul ada 25 itu wajib diketahui bagi setiap mukallaf, maka yakinilah dan ambillah keuntungannya
هم أدم إدريس نوح هود مع صالح وإبراهيم کل متبع
Hum Âdamun Idrîsun Nûhun Hûdu ma’ Shôlih wa Ibrôhîmu kullun muttaba’
Mereka adalah Nabi Adam, Idris, Nuh, Hud serta Sholeh, Ibrahim (yang masing-masing diikuti berikutnya)
لوط وإسماعيل إسحاق گذا يعقوب يوسف و أيوب احتذا
Lûthun wa Isma’îlu Ishâqu kadzâ Ya’qûbu Yûsufu wa Ayyûbu-htadzâ
Luth, Ismail dan Ishaq demikian pula Ya’qub, Yusuf dan Ayyub dan selanjutnya
شعيب هارون وموسی واليسع ذوالکفل داود سليمان اتبع
Syu’aibu Hârûnu wa Mûsâ wal Yasa’ Dzûlkifli Dâwûdu Sulaimânut-taba’
Syuaib, Harun, Musa dan Alyasa’, Dzulkifli, Dawud, Sulaiman yang diikuti
إلياس يونس زگريا يحيی عيسی و طه خاتم دع غيا
Ilyâsu Yûnus Zakariyyâ Yahyâ ‘Îsâ wa Thôhâ khôtimun da’ ghoyyâ
Ilyas, Yunus, Zakaria, Yahya, Isa dan Thaha (Muhammad) sebagai penutup, maka tinggalkanlah jalan yang menyimpang dari kebenaran
عليهم الصلاة والسلام وألهم ما دامت الأيام
‘Alaihimush-sholâtu wassalâmu wa âlihim mâ dâmatil ayyâm
Semoga sholawat dan salam terkumpulkan pada mereka dan keluarga mereka sepanjang masa
والملك الذی بلا اب وأم لا أکل لاشرب ولا نوم لهم
Wal malakulladzî bilâ abin wa um lâ akla lâ syarba wa lâ nauma lahum
Adapun para malaikat itu tetap tanpa bapak dan ibu, tidak makan dan tidak minum serta tidak tidur
تفصيل عشر منهم جبريل ميگال إسرافيل عزرائيل
Tafshîlu ‘asyrin minhum Jibrîlu Mîkâlu Isrôfîlu ‘Izrô-îlu
Secara terperinci mereka ada 10, yaitu Jibril, Mikail, Isrofil, dan Izroil
منگر نکير ورقيب وگذا عتيد مالك ورضوان احتذا
Munkar Nakîrun wa Roqîbun wa kadzâ ‘Atîdu Mâlikun wa Ridlwânu-htadzâ
Munkar, Nakiir, dan Roqiib, demikian pula ‘Atiid, Maalik, dan Ridwan dan selanjutnya
أربعة من کتب تفصيلها توراة موسی بالهدا تنزيلها
Arba’atun min kutubin tafshîluhâ taurôtu Mûsâ bil hudâ tanzîluhâ
Empat dari Kitab-Kitab Suci Allah secara terperinci adalah Taurat bagi Nabi Musa diturunkan dengan membawa petunjuk
زبور داود وإنجيل علی عيسی وفرقان علی خير الملا
Zabûru Dâwûda wa injîlu ‘alâ ‘Îsâ wa Furqônun ‘alâ khoiril malâ
Zabur bagi Nabi Dawud dan Injil bagi Nabi Isa dan Al-Qur’an bagi sebaik-baik kaum (Nabi Muhammad SAW)
و صحف الخليل والگليم فيها گلام الحگم العليم
Wa shuhuful kholîli wal kalîmi fîhâ kalâmul hakamil ‘alîmi
Dan lembaran-lembaran (Shuhuf) suci yang diturunkan untuk Al-Kholil (Nabi Ibrohim) dan AlKaliim (Nabi Musa) mengandung Perkataan dari Yang Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui
وکل ما أتی به الرسول فحقه التسليم والقبول
Wa kullu mâ atâ bihir-rosûlu fahaqquhut-taslîmu wal qobûlu
Dan segala apa-apa yang disampaikan oleh Rosulullah, maka kita wajib pasrah dan menerima
إيماننا بيوم أخر وجب وکل ما گان به من العجب
Îmânunâ biyaumi âkhirin wa jab wa kulli mâ kânâ bihî minal ‘ajab
Keimanan kita kepada Hari Akhir hukumnya wajib, dan segala perkara yang dahsyat pada Hari Akhir
خاتمة فی ذکر باقی الواجب مما علی مگلف من واجب
Khôtimatun fî dzikri bâqîl wâjibi mimmâ ‘alâ mukallafin min wâjibi
Sebagai penutup untuk menerangkan ketetapan yang wajib, dari hal yang menjadi kewajiban bagi mukallaf
نبينا محمد قد أرسلا للعالمين رحمة وفضلا
Nabiyyunâ Muhammadun qod ursilâ lil ‘âlamîna rohmatan wa fudldlilâ
Nabi kita Muhammad telah diutus untuk seluruh alam sebagai Rahmat dan keutamaan diberikan kepada beliau SAW melebihi semua
أبوه عبدالله عبدالمطلب وهاشم عبد مناف ينتسب
Abûhu ‘Abdullâhi ‘Abdul Muththolib wa Hâsyimun ‘Abdu Manâfin yantasibu
Ayahnya bernama Abdullah putera Abdul Mutthalib, dan nasabnya bersambung kepada Hasyim putera Abdu Manaf
وأمه أمنة الزهريه أرضعه حليمة السعديه
Wa ummuhû Âminatuz-Zuhriyyah ardlo’ahu Halîmatus-Sa’diyyah
Dan ibunya bernama Aminah Az-Zuhriyyah, yang menyusui beliau adalah Halimah As-Sa’diyyah
مولده بمکة الأمينه وفاته بطيبة المدينه
Mauliduhû bi Makkatal amînah wafâtuhû bi Thoibatal Madînah
Lahirnya di Makkah yang aman, dan wafatnya di Toiybah (Madinah)
أتم قبل الوحي أربعينا وعمره قد جاوز الستينا
Atamma qoblal wahyi arba’înâ wa ‘umruhû qod jâwazas-sittînâ
Sebelum turun wahyu, nabi Muhammad telah sempurna berumur 40 tahun, dan usia beliau 60 tahun lebih
و سبعة اولاده فمنهم ثلاثة من الذکور تفهم
Wa sab’atun awlâduhû faminhumu tsalâtsatun minadz-dzukûri tufhamu
Ada 7 orang putera-puteri nabi Muhammad, diantara mereka 3 orang laki-laki, maka pahamilah itu
قاسم و عبدالله وهو الطيب وطاهر بذين ذا يلقب
Qôsim wa ‘Abdullâhi wahwath-Thoyyibu wa Thôhirun bidzaini dzâ yulaqqobu
Qasim dan Abdullah yang bergelar At-Thoyyib dan At-Thohir, dengan 2 sebutan inilah (At-Thoyyib dan At-
Thohir) Abdullah diberi gelar
أتاه إبراهيم من سريه فأمه مارية القبطيه
Atâhu Ibrôhîmu min sariyyah fa ummmuhû Mâriyyatul Qibthiyyah
Anak yang ketiga bernama Ibrohim dari Sariyyah (Amat perempuan), ibunya (Ibrohim) bernama Mariyah Al-Qibtiyyah
وغير إبراهيم من خديجه هم ستة فخذ بهم وليجه
Wa ghoiru Ibrôhîma min Khodîjah hum sittatun fakhudz bihim walîjah
Selain Ibrohim, ibu putera-puteri Nabi Muhammad berasal dari Khodijah, mereka ada 6 orang (selain
Ibrohim), maka kenalilah dengan penuh cinta
وأربع من الإناث تذگر رضوان ربی للجميع يذگر
Wa arba’un minal inâtsi tudzkaru ridlwânu robbî lil jamî’i yudzkaru
Dan 4 orang anak perempuan Nabi akan disebutkan, semoga keridhoan Allah untuk mereka semua
فاطمة الزهرآء بعلها على وابناهما السبطان فضلهم جلی
Fâthimatuz-Zahrô-u ba’luhâ ‘Aliy wabnâhumâs-Sibthôni fadl-luhum jalî
Fathimah Az-Zahro yang bersuamikan Ali bin Abi Tholib, dan kedua putera mereka (Hasan dan Husein) adalah
cucu Nabi yang sudah jelas keutamaanya
فزينب وبعدها رقيه وأم کلثوم زگت رضيه
Fa Zainabun wa ba’dahâ Ruqoyyah wa Ummu Kultsûmin zakat rodliyyah
Kemudian Zaenab dan selanjutnya Ruqayyah, dan Ummu Kultsum yang suci lagi diridhoi
عن تسع نسوة وفاة المصطفی خيرن فاخترن النبي المقتفی
‘An tis’i niswatin wafâtul Mushthofâ khuyyirna fakhtarnan-nabiyyal muqtafâ
Dari 9 istri Nabi ditinggalkan setelah wafatnya, mereka semua telah diminta memilih syurga atu dunia, maka mereka memilih nabi sebagai panutan
عائشة وحفصة وسوده صفية ميمونة ورمله
‘Â-isyatun wa Hafshotun wa Sawdah Shofiyyatun Maymûnatun wa Romlah
‘Aisyah, Hafshah, dan Saudah, Shofiyyah, Maimunah, dan Romlah
هند وزينب گذا جويريه للمؤمنين أمهات مرضيه
Hindun wa Zainabun kadzâ Juwairiyah lil mu,minîna ummahâtun mardliyyah
Hindun dan Zaenab, begitu pula Juwairiyyah, Bagi kaum Mu’minin mereka menjadi ibu-ibu yang diridhoi
حمزة عمه وعباس گذا عمته صفية ذات احتذا
Hamzatu ‘ammuhû wa ‘Abbâsun kadzâ ‘amatuhû Shofiyyatun dzâtu-htidzâ
Hamzah adalah Paman Nabi demikian pula ‘Abbas, Bibi Nabi adalah Shofiyyah yang mengikuti Nabi
وقبل هجرة النبي الإسرا من مکة ليلا لقدس يدرا
Wa qobla hijrotin-nabiyyil isrô min Makkatin lailân liqudsin yudrô
Dan sebelum Nabi Hijrah (ke Madinah), terjadi peristiwa Isro’. Dari Makkah pada malam hari menuju Baitul Maqdis yang dapat dilihat
وبعد الإسرآء عروج للسما حتی رای النبي ربا گلما
Wa ba’dal isrô-i ‘urûjun lissamâ hattâ ro-ân-nabiyyu robban kallamâ
Setelah Isro’ lalu Mi’roj (naik) keatas sehingga Nabi melihat Tuhan yang berkata-kata
من غير گيف وانحصار وافترض عليه خمسا بعد خمسين فرض
Min ghoiri kaifin wanhishôrin waftarodl ‘alaihi khomsan ba’da khomsîna farodl
Berkata-kata tanpa bentuk dan ruang. Disinilah diwajibkan kepadanya (sholat) 5 waktu yang sebelumnya 50 waktu
وبلغ الأمة بالإسراء وفرض خمسة بلا امترآء
Wa ballaghol ummata bil isrô-i wa fardli khomsatin bilâ-mtirõ-i
Dan Nabi telah menyampaikan kepada umat peristiwa Isro’ tersebut. Dan kewajiban sholat 5 waktu tanpa keraguan
قد فاز صديق بتصديق له وبالعروج الصدق وافی أهله
Qod fâza shiddîqun bitashdîqin lahû wa bil ‘urûjish-shidqu wâfâ ahlahû
Sungguh beruntung sahabat Abu Bakar As-Shiddiq dengan membenarkan peristiwa tersebut, juga peristiwa Mi’raj yang sudah sepantasnya kebenaran itu disandang bagi pelaku Isro’ Mi’roj
وهذه عقيدة مختصره وللعوام سهلة ميسره
Wa hâdzihî ‘Aqîdatun mukhtashoroh wa lil ‘awâmi sahlatun muyassaroh
Inilah keterangan Aqidah secara ringkas bagi orang-orang awam yang mudah dan gampang
ناظم تلك أحمد المرزوق من ينتمى للصادق المصدوق
Nâdhimu tilka Ahmadul Marzûqi man yantamî lishshôdiqil mashdûqi
Yang di nadhomkan oleh Ahmad Al Marzuqi, seorang yang bernisbat kepada Nabi Muhammad (As-Shodiqul Mashduq)
والحمدلله وصلی سلما علی النبي خير من قد علما
Walhamdu lillâhi wa shollâ sallamâ ‘alân-nabiyi khoiri man qod ‘allamâ
Dan segala puji bagi Allah serta Sholawat dan Salam tercurahkan kepada Nabi sebaik-baik orang yang telah mengajar
والأل والصحب وکل مرشد وکل من بخير هدي يقتدي
Wal âli washshohbi wa kulli mursyidi wa kulli man bikhoiri hadyin yaqtadî
Juga kepada keluarga dan sahabat serta orang yang memberi petunjuk dan orang yang mengikuti petunjuk
وأسأل الگريم إخلاص العمل ونفع کل من بها قد اشتغل
Wa as-alul karîma ikhlâshol ‘amal wa naf’a kulli man bihâ qodi-sytaghol
Dan saya mohon kepada Allah yang Maha Pemurah keikhlasan dalam beramal dan manfaat bagi setiap orang yang berpegang teguh pada aqidah ini
أبياتها ميز بعد الجمل تاريخها لي حي غر جمل
Abyâtuhâ maizun bi’addil jumali târîkhuhâ lî hayyu ghurrin jumali
Nadhom ini ada 57 bait dengan hitungan abjad, tahun penulisannya 1258 Hijriah
سميتها عقيدة العوام من واجب فی الدين بالتمام
Sammaituhâ ‘Aqîdatal ‘Awâmi min wâjibin fîd-dîni bittamâmi
Aku namakan aqidah ini Aqidatul Awam, keterangan yang wajib diketahui dalam urusan agama dengan sempurna
وصلی الله علی سيدنا محمد وعلی اله وصحبه وسلم
0 komentar:
Posting Komentar